13 Langkah Menghemat Biaya Pernikahan

, ,

Semua orang pasti ingin momentum hari pernikahan untuk senantiasa diingat. Apabila pesta pernikahan fantastis, maka tamu yang datang akan mengingatnya selama bertahun-tahun yang akan datang. Pesta pernikahan yang menarik pasti akan dipuji oleh para tamu yang hadir. Beberapa bahkan menjadi inspirasi bagi kandidat pernikahan lainnya.

Hari pernikahan adalah hal yang sakral bagi setiap manusia. Wajar jika sebelum hari pernikahan semua harus dipersiapkan dengan baik. Bukan hanya persiapan uang, tetapi juga persiapan pernikahan. Mulai dari undangan, catering, souvenir dan lainnya. Tak heran bila banyak pasangan dan keluarga calon pengantin mengalami stres ketika mempersiapkan pernikahan.

Makanan menjadi bagian penting dari pesta pernikahan, dan Anda pasti ingin menyajikan menu catering pernikahan yang tepat. Ada banyak pilihan untuk pilihan pakaian, lokasi pernikahan, dan hiburan. Namun satu hal yang pasti akan diingat adalah makanan yang disajikan di pesta resepsi pernikahan Anda.

Mempersiapkan pernikahan tidak mudah, terutama ketika memutuskan vendor terbaik untuk menyediakan catering pernikahan. Selera setiap orang berbeda, itulah yang harus diperhatikan saat menyediakan catering pernikahan. Untuk memudahkan persiapan pernikahan, saat ini banyak calon pengantin dan keluarga mempercayakan catering pernikahan ke layanan perencana pernikahan. Layanan ini dapat mengatur semua kebutuhan sebelum pernikahan.

Memilih catering pernikahan juga sangat perlu dilakukan bagi pasangan yang merencanakan segera menikah. Memilih catering pernikahan dapat menjadi hal yang sulit. Anda tidak hanya mencoba untuk memenuhi selera banyak orang dan mempersiapkan menu yang berbeda. Pasangan yang merencanakan hari pernikahan tahu bahwa mereka perlu membuat semuanya berjalan dengan baik yaitu dengan merencanakan pesta pernikahan secara matang sehingga hasilnya dapat maksimal.

Pada hari pernikahan Anda, Anda tidak hanya akan menanggung biaya catering pernikahan untuk Anda dan pasangan. Karena hari pernikahan Anda adalah momentum khusus, Anda biasanya juga akan memanjakan keluarga Anda, dan biasanya itu akan menambah biaya penyelenggaraan pernikahan. Jadi, jelas pengeluaran ekstra bisa sangat mahal. Jika Anda ingin mengurangi pengeluaran Anda, berikut beberapa tips dan Trik untuk dapat membantu Anda menghemat banyak uang.

1. Pastikan jumlah tamu undangan sebelum Anda memesan menu catering pernikahan.

Anda harus memastikan dulu jumlah tamu undangan yang diperkirakan akan datang di pesta pernikahan Anda. Prioritaskan dulu anggota keluarga besar Anda dan keluarga pasangan Anda, kemudian teman terdekat Anda dan teman pasangan Anda. Tujuannya agar pesta pernikahan Anda bisa terasa lebih akrab.

2. Jangan mengundang orang secara online.

Maksudnya adalah jangan mengundang orang-orang melalui group chat atau lewat status di media sosial Anda. Ini akan menyebabkan kesulitan untuk menghitung jumlah tamu yang akan datang. Akibatnya, makanan yang Anda hidangkan bisa saja kurang karena tamu yang datang di luar perhitungan atau malah bisa jadi terlalu banyak sisa karena Anda mempersiapkan terlalu banyak porsi tambahan untuk berjaga-jaga.

3. Hindari menikah pada hari Sabtu

Bagi kebanyakan pasangan, pernikahan pada hari Sabtu memberi tamu mereka kesempatan untuk secara fisik ada di sana untuk hari pernikahan. Setiap hari selain dari yang dijadwalkan pada akhir pekan mungkin mengharuskan mereka untuk mengambil waktu dari pekerjaan yang mungkin membuat mereka ragu untuk datang. Memilih untuk menikah pada hari yang terpisah dari hari Sabtu atau Minggu akan segera mengurangi keseluruhan biaya pernikahan Anda, Anda mungkin akan terkejut betapa jauh lebih murahnya Anda akhirnya membayar.

4. Tetapkan anggaran.

Mempersiapkan anggaran untuk pesta rumah adalah salah satu hal terpenting. Periksa sesuai anggaran dari dompet Anda. Buatlah rencana berapa banyak orang yang akan datang. Jumlahkan minuman, makanan, dan biaya dekorasi. Jika itu melebihi, buat beberapa perubahan dalam daftar tamu Anda. Jika biaya tetap tidak dikurangi, cari restoran terdekat untuk menjadi tuan rumah pesta tersebut.

5. Musim menikah

Meskipun sebenarnya tidak ada bulan-bulan libur untuk pernikahan, ada beberapa bulan di mana pernikahan diadakan lebih banyak dalam satu hari daripada sisa tahun itu. Anda mungkin ingin menghindari menikah pada bulan-bulan ini karena harga vendor, venue, dan fotografer Anda dapat dengan mudah meroket. Jika Anda ingin menghemat, pilih dari bulan-bulan sibuk dan Anda akan mendapatkan label harga yang relatif lebih murah dan lebih rendah.

6. Go green dan go paperless untuk undangan hari pernikahan

Alih-alih memilih pendekatan klasik mengirim undangan kertas pernikahan, pilih alternatif kontemporer dengan mengirimkan flyer undangan digital kepada tamu Anda. Anda dapat menjadi kreatif seperti yang Anda inginkan dan mengirimi mereka video dengan hormat mengundang mereka untuk menyaksikan transisi Anda dari lajang menjadi pasangan. Secara tidak sengaja, pastikan bahwa tamu Anda menyetujuinya secara online sehingga Anda dapat memiliki hitungan tamu sejak dini. Namun, jika Anda benar-benar ingin mengirim undangan dengan cara lama, setidaknya kirimkan undangan "simpan tanggal" pada tamu Anda.

7. Kurangi yang tidak perlu.

Sebenarnya Anda masih bisa mengurangi beberapa hal di pesanan catering pernikahan Anda. Misalnya mengurangi jumlah pilihan nasi. Cukup sediakan 1 macam nasi saja, yaitu nasi putih. Tamu undangan biasanya lebih menggemari makanan yang disediakan di gubukan dibandingkan prasmanan karena dianggap lebih variatif. Selain mengurangi pilihan nasi, Anda juga bisa mengurangi pilihan minuman yang dihidangkan. Menyajikan minuman seperti soft drink atau jus dapat membuat anggaran Anda lebih besar dibanding menyediakan minuman lainnya.

8. Jangan memilih terlalu banyak menu pondokan.

Pernikahan Anda mungkin tampak seperti waktu yang tepat untuk menyajikan hidangan khusus atau menu tradisional dari daerah Anda seperti nasi kapau, nasi bogana atau nasi Bali, tetapi itu pasti akan melebihi anggaran Anda. Jika Anda ingin mengurangi biaya catering pernikahan Anda, tinggalkan beberapa pondok menu dan fokus hanya pada menu yang dapat diterima oleh kebanyakan orang. Tergantung pada anggaran yang Anda sediakan, Anda mungkin tertarik menambahkan beberapa menu gubukan. Tetapi jika uang yang tersedia tidaklah besar, mungkin pilihan pada cara penyajian makanan secara prasmanan bisa jadi pilihan yang baik.

9. Jangan menyajikan makanan yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dari semua cara konsumsi makanan disajikan, makanan ala catering a la carte adalah yang paling mahal. Tidak hanya mengharuskan Anda membayar per piring, tetapi Anda juga harus mempekerjakan staf yang menunggu untuk melayani tamu Anda. Jika Anda mencari alternatif yang ramah biaya, pilih prasmanan atau nasi kotak makan siang. Anda masih bisa menyajikan hidangan yang Anda sukai, tetapi dengan biaya yang sangat rendah.

10. Kurangi opsi

Meskipun akan lebih baik untuk memenuhi selera setiap tamu persis seperti yang mereka inginkan, ini adalah resepsi pernikahan Anda, bukan restoran. Pilihan skip menyajikan terlalu banyak menu dan menyediakan satu atau dua pilihan yang dapat mengakomodasi semuanya. Jika tamu Anda memiliki alergi makanan atau vegetarian, Anda mungkin harus menambahkan opsi untuk mereka.

11. Mengganti bahan dengan pilihan sejenisnya.

Ketika Catering Jakarta memberi Anda contoh menu pernikahan, itu mungkin termasuk beberapa bahan masakan terbaik yang membuatnya melebihi anggaran keuangan Anda. Cukup minta staf catering pernikahan Anda untuk menggantinya dengan bahan yang lebih murah tetapi memiliki fungsi yang sama. Misalnya, Anda dapat meminta staf catering pernikahan untuk menyajikan buah segar daripada menyajikan salad buah. Hidangan vegetarian cenderung menjadi yang termurah, terutama saat bahannya sedang musim.

12. Minimalkan dekorasi meja

Dekorasi meja sangat bagus dan menjadikan tempat Anda lebih canggih dan Indah. Namun, dekorasi baik tetapi dapat menyebalkan bagi tamu Anda karena mereka biasanya harus menjulurkan leher hanya untuk melihat apa yang sedang terjadi. Kebanyakan orang tidak melihat dan umumnya akan menghalangi pandangan. Belum lagi ini bisa mahal juga. Jaga agar dekorasi meja Anda tetap minimum dan Anda akan terkejut betapa banyak yang bisa Anda hemat.

13. Harga paling terjangkau

Bagi yang memiliki anggaran keuangan yang cukup besar tentunya tidak akan pusing-pusing memilih catering pernikahan. Namun bagi yang dana keuangannya terbatas perlu mencari info catering pernikahan yang menyediakan paket pernikahan murah di Jakarta dengan biaya yang sesuai.

Pada akhirnya, biaya layanan Catering Jakarta akan menjadi perhatian utama. Dan harga selalu menjadi faktor penentu dalam memilih vendor catering pernikahan terakhir untuk acara Anda.

Tujuan menghemat uang adalah agar Anda dan pasangan bisa membuat pesta pernikahan yang terlihat menarik dengan anggaran biaya yang murah.

Edit This