Strategi Membuka Usaha Catering dengan Modal Kecil

,

Strategi dalam memulai usaha catering sangat diperlukan terutama jika Anda tidak mempunyai cukup modal untuk memulai. Bisa dibayangkan jika Anda hanya memiliki modal hanya sedikit, kira-kira apa yang harus dilakukan lebih dulu? Beli peralatan/bikin brosur/bikin spanduk/bangun dapur khusus, memperkaya pengetahuan kuliner, dll, apa kira-kira cukup dana yang Anda miliki?.

Anda pasti akan merasa kebingungan harus mulai dari mana dan apakah bisa dengan modal hanya sejumlah itu. Jangan putus asa, tetap semangat! Karena tidak ada yang tidak bisa di dunia ini. Pokoknya semangat! Tetap konsisten, fokus, yakin dan jangan lupa berdoa. Semua pasti bisa, Anda jangan melihat usaha catering yang sudah jalan lebih dulu dan besar omzetnya, apalagi yang sudah menerima catering pabrik atau nasi kotak melalui tender di sejumlah perusahaan dengan nilai ratusan juta bahkan milyaran, mereka dulu juga pertama pasti sama, cuma ada yang punya modal berlebih, ada yang sedang, tetapi pasti ada yang minim sekali. Sekarang coba Anda atur strategi bahwa modal kecil juga bisa membuka usaha catering dan tidak kalah dalam mencari order. Tetap konsisten, fokus, semangat, dan jangan lupa berdoa.

Sekarang kita bahas strategi untuk memulai usaha catering Anda. Yang pertama harus dilakukan adalah indentifikasi pasar. Anda harus bertindak seperti penyelidik dalam mencari informasi tetapi ini harus dilakukan agar nanti jelas jenis usaha catering apa yang harus Anda lakukan sesuai dengan modal Anda.

Perhatikan sekitar dari rumah Anda, siapa yang butuh jasa catering, jadi kalau lebih tepat Anda buat peta untuk calon konsumen potensial Anda yang mungkin butuh. Anda bisa membuat table sederhana dalam investigasi pasar di sekitar yang sekiranya cukup membuat usaha catering dengan modal kecil saja. Jadi Anda harus sepakat bahwa tidak ada yang tidak bisa di dunia usaha catering. Kenapa Anda harus melakukan investigasi di sekitar rumah Anda? Karena pasti di sekitar Anda pasti lebih banyak Anda Kenal orang maupun situasi lingkungannya seperti: saudara, teman, kelompok masyarakat, komunitas, warga sekitar dan lain lain. Sedikit informasi bahwa masyarakat kita sekarang sudah melek informasi tehnologi jadi mereka sebelum mencari catering untuk kebutuhannya, mereka biasanya mencari dulu lewat internet. Jadi kalau Anda mau lebih cepat lagi mengenalkan usaha catering Anda, manfaatkan juga dunia internet. Bisa melalui website, blog atau beriklan di internet. Banyak disana dan juga ada yang gratis.

Anda bisa belajar juga untuk menjadi pengusaha catering yang mengikuti jaman alias tidak gaptek. Sekarang sudah jaman digital jadi kalau kita masih berkutat dengan cara konvensional bisa kalah cepat cari ordernya. Setelah itu dalam menjalankan usaha catering yang paling penting adalah promosi.

Edit This